Selamat Datang Di BlogQ | Tempat qw habiskan waktu senggang | Memberikan Informasi kepada anda | TenpatQ belajar dan berbagi informasi

Minggu, 17 Januari 2010

install wordpress 2.9 di komputer lokal

Bagaimana cara install wordpress ke dalam komputer lokal?, untuk memudahkan saya dalam belajar membuat theme wordpress walaupun sudah banyak tutorial yang membahas bagaimana cara menginstall wordpress ke dalam komputer sendiri yang berfungsi sebagai localhost. Bahan-bahan yang perlu di siapkan adalah sebagai berikut :

  • Xampp - aplikasi gabungan (apache, myqsl, php) ini digunakan untuk membuat komputer kita bertindak seperti server (local host).
  • Wordpress - merupakan salah satu CMS (Content Management System)

Saat proses installasi saya menggunakan xampp versi 1.7.3 dan wordpress versi 2.9 dan dalam lingkungan operating system windows XP service pack 2. Proses installasi wordpress ke dalam komputer lokal sangat mudah sekali, hal yang pertama yang di lakukan adalah download aplikasi xampp dan wordpress dengan klik logo di bawah ini :






Kemudian jika kedua aplikasi tersebut sudah selesai di download, hal selanjutnya adalah :
1. Menginstall aplikasi Xampp terlebih dahulu dengan cara klik kiri 2 kali pada aplikasi xampp, maka muncul dialog box ekstrak file dan simpan di dalam direktori C:\ .



2. Klik Install dan ikuti langkah selanjutnya, setelah selesai maka keluar prompt sebagai berikut :


prompt ini menanyakan apakah ingin menampilkan shortuts ada di desktop/startmenu? ketik y jika ingin atau n jika tidak mau.
3. Kemudian akan muncul prompt yang menanyakan apakah xampp path sudah benar atau belum? klik y jika ya dan n jika tidak


4. Kemudian akan muncul prompt apakah ingin membuat portable xampp? saran saya ketik n aja


5. Kemudian muncul prompt yang menanyakan setting configurasi untuk date time, tekan enter untuk melewati bagian ini (nb - sorry ga da screenshootnya :d)
6. Kemudian muncul prompt yang terakhir untuk pilihan services , ketik 1 untuk memulai xampp services



7. Selesai sudah intallasi xampp ke dalam komputer, aktifkan service Apache dan MySql klik tombol start




Sekarang tinggal installasi wordpress ke dalam komputer, langkah-langkah yang perlu di lakukan sobat adalah :
1. mengekstrak file wordpress 2.9.zip dan hasilnya akan ada folder wordpress sepertri gambar di bawah :



2. kemudian buka windows explorer ke direktori C://xampp dan cari folder htdocs kemudian pindahkan folder wordpress





3. setelah selesai buka browser internet sobat, pada adreess bar ketik http://localhost/phpmyadmin tekan enter maka akan muncul phpmyadmin dashboard , kemudian buat database contoh wordpressku klik create





4. kemudian buka tab baru di browser ketik http://localhost/wordpress maka akan muncul perintah untuk configuration file


5. setelah klik create configuration file maka akan ada pemberitahuan sebagai berikut :




6. kemudian isikan nama database : wordpressku username : root password : (di kosong kan aja) atau lihat gambar di bawah ini :

7. kemudian setelah di submit akan muncul perintah install, klik run the install


kemudian isi blog title sesuai dengan keinginan sobat dan email sobat, setelah itu klik install wordpress

8. setelah selesai maka akan ada pemberitahuan bahwa proses install berhasil dan ada pemberitahuan username admin dan random password (untuk password harap di copy dan pastekan di text editor seperti notepad)


9. kemudian klik Log In maka akan masuk ke admin panel di mana harus di isikan username dan password (password di isi yang kita paste ke text editor)



10. tadaaaaa.. selamat akhirnya bisa masuk dashboard wordpress, btw untuk memudahkan masuk kembali jangan lupa ganti passwordnya yang mudah di inget.



11. dan yang terakhir untuk bisa masuk ke login kembali ketik http://localhost/wordpress/wp-admin di address bar browser.

Akhir selesai juga membuat tutorial bagaimana cara install wordpress ke dalam komputer lokal yang nantinya bertindak sebagai local host. Semoga sharing pengalaman cara menginstall wordpress ke komputer bisa bermanfaat bagi sobat sekalian..

COMMENTS :

Don't Spam Here

0 komentar to “install wordpress 2.9 di komputer lokal”

Posting Komentar

160

Copyright © 2009 Fresh Themes Gallery | NdyTeeN. All Rights Reserved. Powered by Blogger and Distributed by Blogtemplate4u .