Selamat Datang Di BlogQ | Tempat qw habiskan waktu senggang | Memberikan Informasi kepada anda | TenpatQ belajar dan berbagi informasi

Rabu, 12 Mei 2010

Setting Modem Smart Ac2726 di Linux Fedora 12

udah banyak tutorial ini di internet sih, tapi kek nya semua kurang komplit. kali ini aq mo mo buat tutorial setting modem smart ac2726 di linux fedora 12 (untuk selain f12 bisa mencari paket rpm yang sesuai).
ok langsung aja, karena kita belum bisa online (ea jelas, modem aja blum di setting). jadi kita unduh paket rpm dibawah ini di warnet yaw..

usb_modeswitch-1.0.5-1.fc12.i686.rpm
libwvstreams-4.6-5.fc12.i686.rpm
wvdial-1.60-10.fc12.i686.rpm
klo pake selain f12 tinggal sesuai'in sendiri ea paket nya.

install usb_modeswitch nya tinggal di klik kanan aja.
harus urut ea dari yang atas ke bawah.

colokan modem terus buka terminal, ketik lsusb
maka akan muncul

lsusb
Bus 001 Device 004: ID 05e3:0608 Genesys Logic, Inc. USB-2.0 4-Port HUB
Bus 001 Device 003: ID 1058:1003 Western Digital Technologies, Inc.
Bus 001 Device 001: ID 1d6b:0002 Linux Foundation 2.0 root hub
Bus 005 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 004 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 003 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 002 Device 009: ID 19d2:fff5
Bus 002 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
terus edit konfigurasi usb_modeswitch.
sudo gedit /etc/usb_modeswitch.conf
hapus semua dan ganti dengan :
########################################################
# /etc/usb_modeswitch.conf
#
# Smart ZTE AC2726 (EVDO)
#

DefaultVendor= 0x19d2
DefaultProduct= 0xfff5

TargetVendor= 0x19d2
TargetProduct= 0xfff1

MessageContent="5553424312345678c00000008000069f030000000000000000000000000000"
Jangan lupa SAVE.

Berikutnya, rubah dulu USB Modeswitchnya,dari “fff5″ menjadi “fff1″ dengan menggunakan perintah :
sudo usb_modeswitch
lalu cekperubahan
lsusb
lihat apakah sudah berubah menjadi “fff1″ ? klo blum bisa, coba periksa dan ulangi lagi langkah diatas.

klo sudah, lakukan modeprobe. Modeprobe adalah sebuah program untuk menambahkan (add) dan menghapus (remove) suatu module dari linux kernel, perintahnya :
sudo modprobe usbserial vendor=0x19d2 product=0xfff1
sekarang kita coba cek dengan wvdial
wvdialconf
lihat apakah modem terdeteksi
sudo gedit /etc/wvdial.conf
bila modem berhasil di deteksi maka kita tinggal merubah isi phone, username dan password menjadi
[Dialer Defaults]
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
Modem Type = Analog Modem
Phone = #777
ISDN = 0
Username = smart
Init1 = ATZ
Password = smart
Modem = /dev/ttyUSB0
Baud = 9600
Stupid Mode = yes
Untuk auto detect DNS setiap kali modem di hubungkan:
echo "PREDNS=yes
DEFROUTE=yes">/etc/sysconfig/network-scripts/ifcfg-
dari sini setting telah selesai.
untuk menghubungkan komputer ke internel ketik perintah
sudo wvdial
untuk memutus koneksi tinggal tekan ctrl+c

sekian semoga bermanfaat.

Wellcome

Selamat datang di blog qw yah, disini tempat qw buat corat coret di waktu senggang. terimakasih atas kunjungan. jangan lupa klik iklan yah..

Sponsor

Shoutbox

160

Profile


visit counter

Copyright © 2009 Fresh Themes Gallery | NdyTeeN. All Rights Reserved. Powered by Blogger and Distributed by Blogtemplate4u .